07th Jul2011

Olah Raga untuk Penderita Diabetes

by Anangkusumo

olah raga penderita diabetes

Bagi penderita penyakit diabetes, olah raga merupakan suatu hal yang penting untuk dapat memulihkannya dari penyakit diabetes. Karena dengan olah raga dapat membantu mengontrol rasa sakit pada saraf, mengurangi stress yang dapat memicu kenaikan glukosa darah, meningkatkan sirkulasi darah, membakar kalori, dan dapat mengurangi lemak yang berlebihan pada tubuh. Namun, tidak semua olah raga dapat dilakukan dan berdampak baik bagi para penderita diabetes. Penderita harus mengkonsultasikan dulu kepada para dokter ahli dalam memilih olah raga yang sesuai dengan dirinya, agar tidak menimbulkan masalah yang berakibat semakin memburuknya kesehatan tubuh. Dokter tidak menganjurkan Anda berolah raga apabila:

  • Anda memiliki glukosa darah anda lebih dari 250 mg/dl
  • Anda memiliki gejala kerusakan syaraf dan sirkulasi darah pada badan anda
  • Anda memiliki kerusakan ginjal
  • Anda memiliki gejala kerusakan pembuluh darah pada mata
  • Anda memiliki gangguan-gangguan jantung seperti, jantung koroner, arritmia dan infark miokard.

Anda dapat memulai dengan olah raga ringan seperti senam aerobik untuk meningkatkan kerja organ jantung dan memperdalam pernafasan. Atau dapat juga dengan berjalan, bersepeda dan berenang. Berenang masih dapat dilakukan oleh penderita penyakit ini, karena air dapat mendukung tubuh penderita sehingga dapat mengurangi tekanan yang berlebihan pada kaki yang diserang rasa sakit. Untuk olah raga berjalan dan bersepeda sebaikknya menggunakan sepatu yang sesuai ukuran dan nyaman untuk kaki.

Anda tidak dianjurkan untuk melakukan olah raga angkat berat, hal tersebut hanya akan meningkatkan tekanan darah secara tiba-tiba. Dalam melakukan olah raga ringan di atas, dapat melakukannya selama 10-30 menit termasuk didalamnya pemanasan dan pendinginan selama kurang lebih 5-10 menit. Lakukanlah setiap pagi hari secara teratur, agar mengurangi resiko cedera otot dan jantung. Tidak dianjurkan apabila Anda melakukan penambahan porsi olah raga secara berlebihan atau drastis. Naikkanlah frekuensi dan lama intensitas olah raga secara pelan dan teratur.

Anda dapat juga melakukan olah raga seperti latihan keseimbangan dengan satu kaki. Dengan olah raga keseimbangan ini akan bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh tanpa bantuan tangan. Anda dapat melakukan variasi gerakan-gerakan keseimbangan seperti, berjinjit dan jalan diatas bidang lurus, agar tidak merasa jenuh dalam melakukannya.

Para dokter menyarankan pada penderita diabetes untuk selalu menggunakan tanda pengenal diabetes, hal tersebut bertujuan agar orang tahu bila terjadi sesuatu pada diri penderita sewaktu melakukan kegiatan olah raga.

Untuk menghilangkan rasa bosan dalam berolah raga, Anda dapat bergabung dengan kelompok-kelompok olah raga diabetes yang berada sisekitar lingkungan Anda. Dengan bergabung dengan kelompok tersebut Anda dapat saling mendukung dan mengingatkan sesame anggota kelompok tentang aktivitas kelompok. Berolah raga secara bersama juga dapat meningkatkan motivasi pada diri Anda.

Selain berolah raga secara bersama-sama, Anda dapat juga melakukan olah raga yang dapat menghibur, seperti badminton, tenis meja, dan bowling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>