09th Aug2011

Jenis-jenis Sepatu Olahraga

by Rido Faldana

sepatu olah raga

Dalam melaksanakan kegiatan olahraga terkadang orang melupakan peralatan pendukung yang dibutuhkan dalam kegiatan olahraga mereka. Padahal peralatan pendukung sangat membantu mereka dalam berolahraga dan juga menjamin keselamatan mereka dalam berolahraga. Salah satu peralatan pendukung yang mendukung dalam melaksanakan olahraga adalah sepatu. Sepatu berfungsi untuk melindungi kaki Anda ketika berolahraga. Setiap olahraga memiliki jenis sepatu masing-masing. Berikut ulasan mengenai jenis sepatu olahraga:

1. Sepatu Atletik

Sepatu atletik digunakan untuk menemani Anda dalam kegiatan olahraga atletik Anda. Sepatu atletik memiliki tinggi maksimal sebatas mata kaki. Sepatu atletik terbuat dari bahan busa yang ringan dan sol yang tidak terlalu tebal.

Seperti yang telah Anda ketahui, yang termasuk olahraga atletik adalah lari, lempar, dan lompat. Dalam melaksanakannya Anda membutuhkan kemudahan dalam bergerak. Untuk itu dalam menentukan kualitas sepatu atletik pilihlah sepatu yang ringan, dan memiliki ukuran yang pas dengan kaki Anda. Selain itu kualitas sepatu atletik juga ditentukan oleh pori-pori yang akan menjamin sirkulasi udara berjalan dengan baik.

2. Sepatu Basket

Bola basket adalah sebuah olahraga yang memiliki gerakan lari dan lompat yang dominan. Oleh sebab itu sepatu basket memiliki karakteristik yang tidak jauh dibandingkan sepatu atletik. Perbedaannya hanya pada bagian pergelangan kaki yang lebih ketat, hal ini berguna untuk mempermudah Anda ketika melompat.

Kualitas sepatu basket yang baik bisa dilihat dari beratnya, sepatu basket yang baik memiliki berat yang tidak terlalu membebani pemakainya ketika melompat. Selain itu sirkulasi udara juga merupakan hal penting dalam menentukan kualitas sepatu basket.

3. Sepatu Sepak Bola

Sepatu sepak bola memiliki bentuk yang pendek dan tidak sampai mata kaki. Sepatu bola dibuat lancip dan lebih ringan dibandingkan sepayu basket. Namun, untuk telapaknya sepatu bola sangat berbeda jika dibandingkan sepatu basket. Telapak sepatu bola lebih tipis dibandingkan sepatu basket dan karakteristiknya juga lebih keras. Telapak sepatu bola tidak bergerigi seperti sepatu basket atau atkletik, telapak sepatu ini memiliki bulatan-bulatan setinggi lebih kurang 0,5cm. Bentuk seperti ini dirancang agar memudahkan para pemain sepak bola ketika menapak dan menentang di lapangan berumput.

4. Sepatu Sepak Takraw

Sepak takraw adalah salah satu olahraga yang cukup terkenal di wilayah Indonesia dan Malaysia, memang olahraga ini berasal dari budaya Melayu. Karena dalam olahraga ini menggunakan bola yang terbuat dari rotan, maka membutuhkan sepatu jenis khusus untuk melakukan olahraga ini.

Sepatu sepak takraw memiliki bentuk yang serupa dengan sepatu bola. Namun, memiliki body yang lebih keras untuk menjamin keselamatan pemain ketika menyepak bola rotan yang keras tersebut. Walaupun harus memiliki body yang keras, sepatu takraw haruslah memiliki sirkulasi udara yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>